•   Hotline: (62) 8-1234567-266
  •   Info@assabilholyholistic.com

MANFAAT CUKA MENURUT RASULULLAH SAW

Diriwayatkan oleh Muslim dalam shahihnya dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah pada suatu hari bertanya kepada salah seorang istri beliau, apakah ada lauk? Istrinya menjawab, " Kami hanya memiliki cuka." Beliau menyuruh diambilkan lauk tersebut lalu

mulai menyantap makanannya sambil berkata, "Lauk terbaik adalah cuka."

Sementara dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari hadist Ummu Said, dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sasalam bahwa beliau bersabda: 

" Lauk terbaik adalah cuka, Ya Allah, berkatilah cuka ini. Rumah yang ada cukanya,tidak bisa dikatakan miskin."Cuka terdiri dari unsur panas dan unsur dingin, namun unsur dinginnya lebih kuat. Sifatnya kering pada tingkatan ketiga, memiliki unsur pengering tingkat tinggi, dapat mencegah berhamburnya unsur makanan dalam tubuh selain itu juga dapat memperlancar buang air besar.

Cuka khamr, amat berguna mengobati radang lambung, mencegah penyakit kuning dan mencegah bahaya obat-obat kimia mematikan, bahkan bisa mengencerkan susu ibu dan darah bila terjadi pembekuan di dalam tubuh.Berguna juga untuk limpa , membasahi lambung, memperkuat otot perut, menghilangkan dahaga, mencegah pembengkakan bila akan terjadi, membantu metabolisme,melawan dahak, memperlunak makanan-makanan serta memperlancar darah.

Bila diminum dengan campuran garam, berkhasiat mengobati racun akibat jamur mematikan. Bisa dibuat gulai, bisa memotong amandel yang tumbuh di ujung langit-langit rongga mulut. Dan bila digunakan untuk berkumur dalam keadaan hangat, berkhasiat mengatasi sakit gigi dan memperkuat gusi.

Cuka juga berkhasiat untuk mengobati agnail (luka bernanah di sekitar kuku) , bila dioleskan di bagian yang sakit, mengobati gigitan semut,bengkak panas, luka bakar, penambah nafsu makan,menenangkan lambung , amat berguna bagi kalangan muda, juga untuk musim panas di negara-negara panas.

sumber : metode pengobatan Nabi- Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
 
#sharing ilmu
dr.Ronna