•   Hotline: (62) 8-1234567-266
  •   Info@assabilholyholistic.com

9 Pola Hidup Sehat Menurut Rasulullah SAW

Pola hidup sehat Nabi Muhammad SAW

Kali ini, Kami akan memabahas tentang pola makan, perawatan dan hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW. Artikel ini kami sadur dari berbagai sumber. Berikut ada 9 tata cara yang akan dibahas pada artikel ini. Berikut penjelasannya..

1. Perawatan Kesehatan dengan Madu

Pola hidup sehat Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah beliau membuka menu sarapan dengan segelas air putih dicampur sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Al Quran, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sambelit, wasir dan peradangan. Beliau juga menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

2. Hidup Sehat dengan Kurma

Pada waktu dhuha, beliau senantiasa mengkonsumsi 7 butir kurma ajwa’ (matang). Beliau bersabda, “Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Hal tersebut terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Racun yang tertelan olehnya kemudian dinetralisir oleh zat-zat terkandung dalam kurma. Seorang sahabat, Bisyir ibu al Barra’ yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah selamat dari racun tersebut.

3. Menjaga Kesehatan dengan Karbohidrat

Menjelang sore hari, pola makan beliau biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Nabi SAW juga makan karbohidrat seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

4. Perawatan Kesehatan dengan Sayur-Sayuran

Rahasia hidup sehat Nabi Muhammad SAW berikutnya adalah sayur-sayuran di waktu malam hari. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Selain itu, Rasulullah tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

5. Menjaga Kesehatan dengan Makanan Halal

Makan sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang termasuk pola hidup sehat Nabi SAW. Pastikan makanan yang didapatkan adalah halal dan baik serta tidak mengandung unsur-unsur yang haram. “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS: Al Maidah: 88). Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya. Sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya atau bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi.

6. Menjaga Kesehatan dengan Olahraga

Melakukan olahraga berenang dan memanah sangat dianjurkan dalam Islam, karena tidak ada jenis olahraga yang dapat menguatkan tulang, melenturkan urat saraf dan menambahkan ketangkasan seperti olahraga berenang, sangat menyehatkan dan membuat tubuh bertambah bugar. Daya tahan tubuh pun meningkat. Berenang membuat otot dada dan paru-paru mengembang yang membuat kapasitasnya makin besar dan sangat efektif membakar lemak.

7. Hidup Sehat dengan Menjaga Lingkungan

Gaya hidup sehat Nabi Muhammad SAW dengan menjaga lingkungan dari sumber penyakit misalnya karantina untuk penderita wabah, melarang urinasi pada air yang tenang (tidak mengalir), dll. Menutup tempat makanan dan minuman yang terisi juga merupakan tindakan pencegahan. “Tutuplah tempat-tempat makanan, tempat-tempat minuman karena sesungguhnya di dalam setahun ada sebuah malam yang turun di dalamnya wabah penyakit tidak dia melewati sebuah tempat makanan atau minuman yang tidak tertutup, atau tidak ada penghalang di atasnya melainkan turun di dalamnya dari wabah penyakit tersebut.” (HR. Muslim).

8. Menjaga Kesehatan dengan Shalat Tahajud

Mendirikan Salat Tahajud merupakan salah satu dari 9 rahasia hidup sehat Nabi Muhammad SAW. Melaksanakannya secara istiqomah, sebagai usaha agar terbebas dari penyakit infeksi dan kanker, menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung pada usia tua. Shalat Tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terkena penyakit, menenangkan hati dari segala kegundahan dan galau. Memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi cukup besar, dan memiliki pengaruh terhadap kejiwaan yang dapat digunakan sebagai penghilang stres.

9. Hidup Sehat dengan Puasa

Puasa adalah suatu ibadah yang dianjurkan dalam Islam setelah sholat dan zakat. Namun jarang orang mau melaksakannya karena takut penyakitnya kambuh atau timbulnya penyakit maag, karena biasanya pada puasa sunnah kebiasaaan orang untuk bersahur tidaklah lazim suasananya. Telah banyak tulisan maupun penelitian yang memaparkan mengenai manfaat puasa bagian kesehatan, diantaranya adalah menjaga keseimbangan anabolisme dan katabolisme. Puasa ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel dan lain sebagainya.

Sepintas selalu memang tampak sederhana, namun ternyata dengan 9 rahasia hidup sehat Nabi Muhammad SAW mampu menjawab semua itu. Ketika Kaisar Romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah tentang rahasia kaum muslimin sangat jarang mengalami sakit.

Wallahu a'lam