•   Hotline: (62) 8-1234567-266
  •   Info@assabilholyholistic.com

8 Khasiat Dari Buah Mengkudu Dan Daunnya

 

Meskipun mengkudu memiliki bau yang tidak sedap, namun mengkudu dapat digunakan sebagai obat-obatan. Hal ini karena mengkudu memiliki kandungan antara lain damnacanthal, morinda diol, metil asetil, morindin, morindone, asam kapril, sorandiyiol. Berikut manfaat mengkudu.

 

1. Manfaat mengkudu

Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat mengkudu dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sediakan terlebih dahulu 2 buah mengkudu yang telah masak dan 1 sendok makan madu. Kemudian 2 buah mengkudu tersebut diperas untuk diambil airnya saja, lalu dicampur dengan 1 sendok makan madu. Minum dua hari sekali.

2. Meingkatkan daya tahan tubuh

Mengkudu dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kelenjar tiroid serta kelenjar timus, yang dipercaya mampu untuk bertindak melawan infeksi dan masalah yang berhubungan dengan sistem daya tahan tubuh.

3. Anti inflamasi

Sari mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan. Hal tersebut juga dapat berfungsi untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung.

4. Menyembuhkan batuk

Manfaat mengkudu dapat mengobati batuk. Sediakan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Bahan-bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Lalu diminum sari airnya dua kali sehari.

5. Obat sakit perut

Siapkan 2-3 lembar daun mengkudu yang sudah dicuci bersih. Tumbuk halus serta tambah dengan garam secukupnya dan diseduh air panas. Setelah menjadi dingin, airnya disaring dan diminum.

6. Menjaga kesehatan tulang

Buah mengkudu mengandung kandungan morindone, asam kapril, morindin, metil asetil, morindadiol dan sorandiyiol. kandungan tersebut yang dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis serta dapat memperkuat tulang. Bagi wanita yang sudah menginjak usia 40-50 memiliki kemungkinan tinggi keropos tulang. Dengan mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur mampu untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

7. Anti kanker

Penelitian menyatakan bahwa mengkudu mengandung senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang dapat bermanfaat dalam mencegah kerusakan DNA dan kanker. Hal ini juga dapat menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

8. Mengobati demam

Siapkan 1 mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kemudian kedua bahan-bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas, lalu disaring. Minum dua kali sehari.

Manfaat mengkudu antara lain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati demam, dan sebagainya.