•   Hotline: (62) 8-1234567-266
  •   Info@assabilholyholistic.com

Mengenal Titik Bekam di Telapak Tangan

bekam telapak tangan

Ada pembekam yang menetapkan titik bekam di telapak tangan dalam dan bukan punggung telapak. Ada kemungkinan bekam dilakukan di Hongkong. Belajarnya kepada orang Turki. Wa Allahu a'lam. Begini...

Memang tak ada aturan yang baku tentang titik bekam. Sehingga siapa pun dapat berkreasi menetapkan titik bekam menurut daya pikir dan kreatifitasnya, sebagaimana mereka juga tak pernah berhenti berkreasi menggunakan alat-alat bekam yang beraneka macam hingga yang nyleneh-nyleneh. Karena itulah dunia bekam saat ini adalah bekam rasa nano nano.


Ana tak tahu apa alasan patofisiologis sehingga ada titik bekam di telapak tangan dalam. Bahkan darahnya pun lumayan banyak. Padahal kulit telapak tangan lebih tebal. Sepertinya tak mungkin menggunakan syarthoh, yang berarti menggunakan lancet. Berarti pula dengan kedalaman paling dalam.


Dari sisi kajian hadits, penggunaan lancet dapat dikatakan kurang sesuai dengan matan hadits. Sebab bagi yang mengerti hadits, matan dan kajian maknanya sangat penting dalam memahami setiap hadits. Karena itulah ulama terdahulu rajin menulis kutub syuruh hadits.


Sekedar sinyal awal, ana berpendapat, wa Allahu a'lam, penetapan titik bekam di telapak tangan dalam merupakan penanda kekurangan dalam memahami titik-titik Nabawi yang delapan nama beserta posisi masing-masing. Jika titik-titik Nabawi Nabawi ini dipahami secara seksama, in shaa Allah tak perlu ada ijtihad berdasarkan gambling di telapak tangan bagian dalam.
Bagaimana detailnya?


Sekedar masukan, di Bekasi ada kasus pasien dibekam di telapak tangan bagian dalam. Apa efeknya? Edema hingga satu minggu, cukup besar. Sementara pembekamnya tak tahu hal ini karena memang tidak memberitahukannya, tapi pasien tersebut lapor kepada kami.


IKUTI KAJIANNYA DENGAN BERGABUNG DI PELATIHAN BEKAM i-LEARNING (BiL)
Info Pelatihan 08-1234567-266 (Umma/Enjita)